July 13, 2020

Ingin Tahu Cara Cek Domain?

Dunia maya telah berkembang dengan pesat. Media internet digunakan untuk kita menulis blog yang tersedia gratis. Selain itu, mencari informasi dan berteman di media sosial.

Sejak tahun 2006 sampai sekarang, fenomena menulis blog sudah ada. Di Blog kita menulis berbagai hal seperti diary, pengetahuan, berita ataupun hasil karya untuk dibagikan. Sama seperti akun media sosial, kita memilih dan mendapatkan alamat blog yang menjadi indentitas blog pribadi.

Karena menyangkut indentitas pribadi, Nama blog menjadi masalah yang sangat pelik. Maka tak heran jika sangat susah mendapatkan nama blog yang sesuai dengan nama kita apalagi nama pasaran yang banyak dipakai orang.

Seiring waktu, media blog mulai beralih. Wadahnya tetap sama, pembedanya hanya pada nama blog. Sekarang, blog menjadi wahana untuk mempromosikan diri sama seperti sebuah perusahaan.

Nah, Bagi kamu merencanakan memiliki blog baru, penting untuk mencarikan nama domain sebagai alamat situs. Namun satu hal yang perlu diperhatikan bahwa domain yang sudah digunakan atau dimiliki seseorang tidak bisa dipakai lagi. Oleh karenanya kamu harus mengetahui bagaimana cara cek domain. Tidak sulit, siapa saja bisa melakukan pengecekan domain.

Faktanya, ada banyak situs yang secara khusus menyediakan layanan untuk pengecekan nama domain. Sama seperti alat pengecekan lainnya, untuk metode ini juga menggunakan kolom di mana kamu mengetik nama domain yang diinginkan.

Cek Domain Availability

Bila kamu mengakses situs media sosial seperti facebook dan instagram maka kamu tengah mengunjungi alamat situs media sosial itu. Alamat yang digunakan itu disebut nama domain.

Domain adalah sebuah nama khusus yang difungsikan menjadi pengganti alamat Internet Protocol (IP). Domain dinamakan pula dengan alamat situs misalnya google.com, kompas.com dan lain-lain.

Terkait aturan penulisan domain, digunakan format huruf abjad dari a, b, c, d, dst, angka mulai 0, 1, 2, 3 dst serta tanda minus (-). Kamu bisa menciptakan alamat situs menurut selera kamu. Boleh menggunakan huruf saja, angka saja atau kombinasi huruf, angka dan simbol.

Penting untuk dipahami bahwa nama domain yang sudah kamu beli dan miliki tidak berarti akan menjadi hak kamu selamanya. Kepemilikan domain memiliki masa berlaku paling tidak setahun ke depan. Sesudah memasuki masa expired maka kamu berhak melakukan perpanjangan dengan membayar biaya sewanya jika memang masih akan memakainya.

Ketika akan membeli sebuah nama domain sebaiknya pilih yang mudah diucapkan dan diingat. Dengan begitu orang lain akan mudah mengingatnya jika akan mengakses website kamu lagi.

Berikutnya, bila kamu sudah membeli domain maka segera koneksikan ke hosting sehingga domain kamu dapat dibuka. Proses mengkoneksikan nama domain dengan server hosting yang kamu sewa. Sesudah melewati masa propagasi maka orang lain sudah dapat mengakses situs kamu di internet.

Nama domain saat ini kian khusus sehingga akan memudahkan pengguna internet mencarinya. Tersedia ratusan nama domain yang terdapat di internet yang bisa dipakai untuk pengalamatan sebuah situs. Namun ekstensi domain yang populer adalah .COM, .ORG, .NET dan .ME.

Sementara domain Indonesia yang banyak digunakan adalah .ID, .CO.ID dan .WEB.ID. Ada lagi ekstensi-ekstensi baru yang menarik seperti .COOKING, .GURU, .CITY, .TIPS dan lainnya.

Lalu, bagaimana cek domain availabel bila Kamu ingin membelinya? Mudah sekali sebab saat ini ada banyak layanan untuk mengecek ketersediaan nama domain baik dalam negeri maupun dari luar. Biasa penyedia jasa hosting pun memiliki fasilitas pengecekan domain di homepage mereka.

Cek Domain Authority


Domain Authority atau DA adalah pedoman untuk melihat skala kekuatan dari sebuah nama domain. Jika kamu menggunakan blog misalnya blogspot atau wordpress maka DA-nya adalah Blogspot.com atau WordPress.com.

Misalnya, alamat url adalah dodolgoreng.blogspot,com itu artinya domain url dari alamat blog ini adalah blogspot.com. Jika dicek DA-nya akan sangat tinggi, karena mengacu kepada blogspot.com, bukan milik pribadi dari Dodolgoreng. Blogspot sendiri punya posisi DA di angka 93.

Karena nilai DA yang tinggi sangat baik untuk mesin pencari, maka setiap pemilik situs berlomba-lomba meningkatkan nilai DA. Tidak seperti page rank yang punya range nilai 1 sampai 10 (kecil ke besar), melihat DA dari 1 ke 100 dengan nilai paling tinggi adalah 100.

Jadi, ketika kamu masih menggunakan Blogspot atau WordPress, nilai DA-nya masih akan tinggi. Lain halnya jika kamu melakukan perubahan ke Top Level Domain semisal dotcom. Walau kamu tetap menggunakan hosting di Blogspot, tetap nilai DA akan berkurang.

Ada tiga hal utama yang menjadi pedoman penilaian DA, yakni usia, popularitas dan ukuran domain (jumlah postingan). Dengan memiliki tiga faktor tersebut, sebuah situs akan mudah mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Pertama, Usia domain. Kian lama keberadaan dan keaktifan domain pada suatu blog, maka kian tinggi pula nilai DA domain tersebut. Sebab domain ini dikelola dengan konsisten oleh penggunanya. Google menganggap domain tersebut layak mendapat nilai tinggi dan hasil penilaian mempengaruhi peringkatnya di situs pencarian.

Kedua, Popularitas domain. Dilihat dari jumlah link yang masuk dari situs-situs berkualitas (Inbound Link). Artinya, Pemberian rekomendasi terhadap sebuah situs (backlink). Inilah cara jitu mendongkrak banyak pengunjung blog hasil dari menguatnya domain di SERP.


Ketiga, ukuran domain. Dilihat dari jumlah konten terpublikasi pada blog. Semakin banyak jumlah konten maka semakin besar pula ukuran domain. Inilah alasan blogger rajin membuat konten setiap harinya. Namun, banyaknya saja tidak cukup sebab Google juga menilai kualitas konten blog.

Apa perbedaan Domain Authority dan Page Authoriy ? Samakah keduanya? Jadi, bagi mesin pencari keduanya sama-sama menjadi tolak ukur bagi suatu blog ataupun halaman blog yang berkualitas.

Bayangkan, Domain Authority (DA) adalah penilaian akan suatu properti rumah secara keseluruhan, sementara Page Authority (PA) adalah penilaian terhadap salah satu ruang kamarnya saja.

Lalu, bagaimana cek domain authority nya ? Telah tersedia berbagai alamat situs pengujian DA. Salah satunya adalah add-on SEO dari MOZ yang dipasang pada browser Chrome dan Mozilla secara gratis. Instalasinya sangat mudah, tinggal unduh sebagai extension. Setelah terpasang, maka kamu langsung mengetahui PA dan DA sebuah situs saat dikunjungi.

Selanjutnya, bagaimana cara meningkatkan domain authority nya? Memang ada banyak cara meningkatkan DA, namun ada tiga cara mendasar untuk meningkatkan point DA. Yaitu menyediakan konten berkualitas, berstrategi lewat media sosial, dan mengelola link.

Akhirnya, dapat disimpulkan siapa saja bisa melakukan pengecekan domain, domain yang sudah digunakan atau dimiliki seseorang tidak bisa dipakai lagi. Domain Authority atau DA adalah pedoman untuk melihat skala kekuatan dari sebuah domain. Dalam melihat DA dari angka 1 ke 100 dengan nilai paling tinggi adalah 100. Semoga bermanfaat dan share ke temanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *