June 5, 2020

Apa itu pengertian cloud hosting ?

Cloud Hosting

Apa pengertian cloud hosting ? Apa fungsi utama cloud hosting? Bagaimana cara kerja cloud hosting? Mungkin pertanyaan pertanyaan ini ada dalam benak kamu. Baiklah, dalam artikel kali ini akan membahas tetang cloud hosting yang terdapat dalam paket layanan penyedia jasa web hosting.

Cloud computing terdiri dari 2 suku kata yaitu Cloud dan Computing. Cloud (awan) sedangkan Computing (asal katanya Compute artinya perhitungan). Jika kedua kata digabungkan, maka Cloud Computing merupakan komputasi atau perhitungan yang dilakukan di awan. Awan yang dimaksud di sini adalah jaringan internet.

Cloud computing adalah konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0 dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap internet untuk memb erikan kebutuhan komputasi pengguna.

Lalu apa manfaatnya? Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari cloud computing, yaitu; skalabilitas, aksesibilitas, keamanan, kreasi, dan kecemasan. Ketika bencana alam datang, data milik kita tersimpan aman di awan meskipun hard drive atau gadget kita rusak.

Bagaimana cara kerja cloud computing? Ketika pengguna mengakses awan (internet) ke situs web populer, banyak hal yang bisa terjadi. Pengguna Internet Protokol (IP) misalnya dapat digunakan untuk menetapkan di mana pengguna berada (geolocation).

Domain Name System (DNS) jasa kemudian langsung ke sebuah cluster server yang dekat dengan pengguna sehingga situs bisa diakses dengan cepat dan dalam bahasa lokal mereka. Lalu, penyedia jasa cloud computing di dunia antara lain: Google, Microsoft, Zoho, Amazon, dan SalesForce.

Layanan Cloud Hosting

Cari website hosting terbaik dan berkualitas? Berikut ini referensi untuk kamu yang ingin menggunakan cloud hosting Indonesia yang berkualitas. Saat ini memang banyak sekali penyedia jasa hosting yang menawarkan paket layanan cloud hosting. Berikut ini tiga bentuk layanan cloud computig di antaranya:

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service adalah layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur TI seperti CPU, RAM, storage, bandwidth dan konfigurasi lainnya. Komponen ini digunakan untuk membangun mesin virtual. PC virtual dapat dipasang sistem operasi dan aplikasi yang diperlukan.

Keuntungan dari layanan IaaS tidak perlu membeli komputer fisik sehingga hemat biaya. konfigurasi PC virtual juga dapat diubah sesuai kebutuhan. Misalkan saat storage hampir penuh, storage dapat ditambahkan segera. Penyedia jasa yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, dan TelkomCloud BizNetCloud.

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service merupakan layanan menyediakan computing platform. Secara umum, ada sistem operasi, database, server web dan framework aplikasi untuk menjalankan aplikasi yang diciptakan. Perusahaan penyedia layanan yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan computing platform.

Keuntungan layanan PaaS ini untuk pengembang adalah bahwa mereka dapat fokus pada aplikasi mereka buat tanpa memikirkan pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia PaaS adalah Amazon Web Services dan Windows Azure.

3. Software as a Service (SaaS)

Software as a Service adalah layanan cloud di mana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform menjalankan aplikasi. Misal layanan aplikasi surel yaitu gmail, yahoo dan outlook. Sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan instagram.

Keuntungan dari layanan ini adalah bahwa pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk akses aplikasi. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awal yang terkoneksi internet.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Tidak sedikit pengguna beralih menggunakan web hosting berbasis cloud hosting. Sebagai hosting keluaran terbaru, cloud hosting ini telah mampu mencuri perhatian pengguna dengan kinerjanya yang maksimal. Berikut adalah kelebihan Cloud Hosting:

1. Cloud Server bersifat Scalable.

Scalable adalah cloud hosting bebas dipilih sesuai dengan sumbernya. Bahkan pengguna dapat memilih versi berdasarkan sumber daya yang digunakan. Secara tidak langsung, pembayaran cloud hosting yang digunakan pun akan berdasarkan pada traffic online kita.

Selain itu, Cloud Hosting selalu siap sedia menyesuaikan dengan resource yang kita gunakan, sehingga server kita tidak akan gampang blank. Bahkan kita bisa menggunakan lebih dari satu server saja, melainkan lebih dari satu server, sehingga akan memungkinkan kita memiliki jaringan yang luas.

2. Cloud Hosting lebih handal dan kuat.

Ini akan terkait dengan adanya banyak dedicated server yang ada di dalamnya. Mode ini akan membuat website kita menjadi lebih kuat. Tidak ada cerita jika situs kita blank ketika server crash. Karena ada banyak server yang akan saling bantu. Jika salah satu mati, dukungan lain akan menopangnya, sehingga website akan tetap online.

3. Deploying Cloud Hosting mudah dan cepat.

Deploying Cloud Hosting yang sangat mudah dan akses cepat. Ini dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang mungkin akan timbul. Caranya adalah dengan meletakkan slot di dalam server.

Kemudian, sisi kekurangan cloud hosting adalah koneksi internet, inilah hal yang paling wajib. Internet mungkin satu-satunya jalan menuju komputasi awan. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat kita berada maka jangan harap bisa menggunakan sistem komputasi awan.

Paket Layanan Cloud Hosting

Untuk memilih layanan cloud hosting murah, kamu harus mempertimbangkan fitur maupun kemampuannya. Berikut ini penjelasannya;

  1. Paket Cloud hosting harus fleksibel, dan memberikan ruang website Anda untuk tumbuh sebagai bisnis yang berkembang.
  2. Layanan pelanggan adalah hal penting untuk layanan apapun, begitu juga untuk membantu kamu dalam mengelola akun atau saat terjadi masalah dengan web.
  3. Kualitas layanan pelanggan juga penting karena sebagai situs dan pemilik bisnis, kamu mengandalkan uptime solid dengan situs Anda.
  4. Control Panel adalah bagian penting dari layanan hosting, penyedia jasa web hosting cloud harus menyediakan control panel yang user friendly.
  5. FAQ adalah informasi penting yang harus disediakan oleh perusahaan cloud hosting untuk pengguna. Dengan adanya FAQ ini akan membantu pengguna dengan cepat mengatasi masalahnya sendiri.
  6. Uptime. Setiap penyedia jasa mengklaim bahwa mereka dapat memberikan layanan dengan 99% uptime. Kamu harus memilih penyedia jasa yang menawarkan dukungan yang handal ketika situasi kritis terjadi.
  7. Keamanan selalu menjadi perhatian dengan penggunaan cloud hosting. Banyak pelanggan masih waspada terhadap cloud hosting dan informasi rahasia.

Demikian pembahasan mengenai cloud hosting. Dalam pengertian cloud computing adalah komputasi atau perhitungan yang dilakukan di awan. Awan yang dimaksud di sini adalah jaringan internet.

Ada tiga bentuk layanan cloud computing yaitu Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Sedangkan untuk memilih layanan cloud hosting, kamu harus mempertimbangkan fitur maupun kemampuan yang ditawarkan pihak penyedia jasa web hosting. Terima kasih semoga bermanfaat, dan share ke teman teman mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *